Adventure Gue

Jalan Sumbing

Pasar Watu Sumbing

Sumbing, salah satu gunung terkenal di Indonesia. Dikenal sebagai gunung yang memiliki kembaran yaitu gunung Sindoro. Dikatakan kembar karena letaknya yang berdekatan dan tinggi serta strukturnya yang serupa.G. Sumbing memiliki ketinggian 3371 mdpl.

Pendakian kami lakukan pada tanggal 27-28 Feb 2010, bersama 7 tman saya yaitu, munasib, purwanto, endro, aziz, hanif, olel, dan ijul. Munasib dan Purwanto sudah terbiasa mendaki di gunung, penulis, aziz dan olel baru dua kali naik gunung dan yang menjadi bintang tamu kali ini endro, hanif, ijul, karena untuk pertama kalinya mendaki gunung.

Singkatnya, kami sampai di WNSBO pukul 18.00 atau bisa dibilang ba’da maghrib. Sesampainya disana kami langsung menuju basecamp pendakian. Semua pendakian wajib lapor sebelum dan sesudah pendakian, sebagai langkah antisipasi. Sebelum berangkat, kami ke masjid untuk sholat jama’, makan malam dan sedikit pemanasan serta arahan dari leader kami. Beliau mengisyaratkan agar kita bisa berprilaku sopan, karena di dalam pendakian kita tidak sendiri, ada makhluk lain yang berhak kita hargai. Setelah itu berdoa.

Pukul 8.30 malam, kita berangkat dari masjid dan berharap semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Tampaknya alam mendukung kami, dan bulanpun menunjukan jalan buat kami melalui sinarnya.

KM I-KM II

Kami awali melalui wilayah penduduk sekitar, jalan berbatu rapi namun menanjak mengawali langkah kami. Sepanjang KM I, kami mendapati perkebunan penduduk yang ditanami berbagai macam tumbuhan seperti tembakau, wortel, bawang dan beberapa jenis sayur yang kami kurang paham. Maklum,,,jarang di dapur.hehe…..

Sinar rembulan terus mengantar kami sampai KM II yang ditandai sebuah “Gubuk” sebagai POS 1. Dari KM I – II masih didominasi oleh lahan perkebunan dan awal hutan.

KM II-KM IV

Hutan di Sumbing tidak selebat hutan di Sindoro, karena wilayah bukit jarang terdapat tumbuhan berakar kayu. Karena masih didominasi lahan penduduk dan juga hutan belukar yang menyatu dengan pepohonan pinus. Jalan yang dilewati mulai berupa jalur air ketika turun hujan. Lo dihitung2 udah lebih dari sebelas kali kita istirahat.

KM IV Pasar Watu

Menuju KM IV jalur air masih kami jadikan sebagai jalan utama. Sebelum sampai pasar watu pada tengah malam pukul 3.30 pagi, kami putuskan untuk berhenti dan istirahat. Melihat kondisi tubuh yang kecapean karena belum tidur. Areal ini dinamakan pasar watu karena saking banyaknya watu ditempat ini sehingga orang bisa menjualnya. Tapi…siapa yang mau beli yaaa,,,,

Ditempat ini kami menghabiskan banyak waktu hanya sekedar menikmati indahnya alam dan sembari berpose ria.

Hari menjelang pagi,,dan sepertinya kami terlambat sampai puncak pada pagi hari. Kamipun mulai bergegas berangkat menuju puncak pada jam 6 pagi.

Perjalanan ke puncak menjumpai kondisi jalan yang sulit dan terjal. Untuk mencapai puncak, jalan yang ditempuh hanya bisa dilalui satu orang. Akhirnya jam 9.30 sampai dipuncak 3371 mdpl.

Setelah beberapa menit dipuncak, kami putuskan turun gunung menuju tempat beberapa teman kami yang ngecamp. Jm 1 siang, dari tempat camp kami turun karena cuaca yang kurang memungkinkan berupa hujan dan petir.

Dengan jalur berbeda, kami masih mengalami kendala apalagi hujan menimpa kami. Bedanya jalur karena jalur awal dirasa lebih terjal jika turun. Sempat beberapa teman terperosok di aliran air bahkan sempat ada yang terperosok beberapa meter kebawah saking licinnya. Dengan berbagai kendala yang dihadapi kami bertekad untuk kembali

selamat. Dan akhirnya kami sampai di basecamp pendakian sebelum maghrib.